Saturday 30 November 2019

"Tiga Faktor Utama Dalam Pembentukan Karakter Manusia"

Ada banyak variabel yang mempengaruhi terbentuknya karakter manusia. Namun dari sekian banyaknya variabel tersebut, ada 3 faktor utama yang mempengaruhinya, yaitu:

1. Lingkungan

Tiap lingkungan ikut mempengaruhi karakter seseorang.

Bila kita kerja di salah satu kementrian, yang pegawainya berasal dari berbagai universitas. Sedikit banyak kita bisa membedakan mana lulusan ipb, AUP, its, ugm, itb, unpad dan perguruan tinggi lainnya. Karena setiap lulusan dari perguruan tinggi tertentu ikut mempengaruhi karakter mereka.

Saat kita ikut rapat di salah satu kementrian yang berbeda, kita pun bisa membedakan mana orang yang dari kementrian A, B, C dan D. Karena ternyata setiap kementrian ikut mempengaruhi karakter pegawainya.

Bila kita berada di luar pemerintahan, kita bisa membedakan mana yang ASN, pegawai swasta, pegawai BUMN atau pengusaha karena sedikit banyak lingkungan tempat dia mencari nafkah ikut serta dalam mempengaruhi salah satu karakternya.

Begitu juga saat kita berada di tempat yang berbeda, kita bisa membedakan mana orang sunda, padang, jawa dan lainnya dengan  melihat sikap dan karakter mereka. Bahkan untuk daerah yang lebih kecil, kita bisa membedakan antara karakter kecamatan A, B, dan C yang sama2 satu wilayah kabupaten. Hal ini karena tiap lingkungan pada  daerah terkecil ikut memengaruhi karakter seseorang.

2.  Generasi kelahiran

Generasi kelahiran sedikit banyak ikut  mempengaruhi karakter seseorang.

Bila kita melihat grup2 yang terbentuk di fb, kita akan melihat ada grup yang mengkhususkan diri pada grup angkatan tanpa membedakan asal sekolah.  Padahal setiap lingkungan sekolahan memiliki karakter yang berbeda2 dalam mempengaruhi murid2nya.

Terbentuknya grup fb angkatan/satu generasi yang sama terjadi karena pada generasi itu ada suatu musim yang sama, baik itu musim lagu, film, permainan atau telnologi yang sama2 disukai pada jamannya.

Sehingga pada sesuatu yang sama itulah mereka bisa berkomunikasi dan sedikit banyak ikut mempengaruhi karakter pada generasinya.

3. Keturunan

Ternyata keturunan pun ikut mempengaruhi karakter seseorang walaupun mereka terlahir di generasi yang berbeda dan hidup pada lingkungan yang berbeda.

Makanya, jangan heran kalau muncul kisah2 yang menceritakan anak raja yang terbuang yang dibesarkan oleh rakyat biasa namun pada ujungnya dia mempunyai karakter seorang pemimpin dan pada ending kisahnya dia pun akhirnya jadi seorang pemimpin.

Jadi kesimpulannya adalah karakter seseorang itu sangat kompleks, karena banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Kita hanya bisa menjadi diri kita sesuai yang telah ditakdirkan untuk kita, maka optimalkan apa yang baik dan nrimo dengan apa yang kurang. Kita tidak bisa memaksakan diri untuk menjadi orang lain atau memaksa orang lain untuk menjadi kita karena setiap orang memiliki banyak faktor yang berbeda2 dalam  mempengaruhi karakternya masing2.

(Gantira,  24 November 2019, Bogor)

No comments: